Sejarah Obat Obatan Herbal ala SehatQ.com

Sejarah Obat Obatan Herbal ala SehatQ.com

Produk yang terbuat dari tumbuhan, atau tumbuhan, yang digunakan untuk mengobati penyakit atau untuk menjaga kesehatan disebut produk herbal, produk tumbuhan, atau phytomedicines. Produk yang terbuat dari tumbuhan dan hanya digunakan untuk penggunaan internal disebut suplemen herbal.

Banyak obat resep dan obat bebas juga dibuat dari produk nabati, tetapi produk ini hanya mengandung bahan yang dimurnikan. Suplemen herbal mungkin mengandung seluruh tanaman atau bagian tanaman.

Suplemen herbal tersedia dalam berbagai bentuk: dikeringkan, dicincang, dijadikan bubuk, kapsul, atau cair, dan dapat digunakan dengan berbagai cara, termasuk:

  • Ditelan sebagai pil, bubuk, atau tincture
  • Diseduh sebagai teh
  • Diterapkan pada kulit sebagai gel, losion, atau krim
  • Ditambahkan ke air mandi

Praktik penggunaan suplemen herbal sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Saat ini, penggunaan suplemen herbal sudah umum di kalangan konsumen. Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter Anda tentang gejala atau kondisi yang Anda miliki dan mendiskusikan penggunaan suplemen herbal.

Anda sekarang dapat melihat label yang menjelaskan bagaimana jamu dapat mempengaruhi tindakan yang berbeda di dalam tubuh. Namun, label suplemen herbal tidak dapat merujuk pada perawatan kondisi medis tertentu. Ini karena suplemen herbal tidak tunduk pada uji klinis atau standar produksi yang sama seperti resep atau obat bebas tradisional. Misalnya, Produk dari Dami Sariwana adalah suplemen herbal populer yang berguna untuk mengobati dalam beberapa kasus. Dami Sariwana merupakan perusahaan yang memproduksi jamu atau obat herbal.

Suplemen herbal, tidak seperti obat-obatan, tidak perlu distandarisasi untuk memastikan konsistensi. Karena sudah teruji dan terbukti selama berabad abad lalu. Beberapa produsen mungkin menggunakan kata standar pada label suplemen, tetapi tidak selalu berarti sama dari satu produsen ke produsen berikutnya.

Tindakan saat memilih suplemen herbal

Suplemen herbal dapat berinteraksi dengan obat-obatan konvensional atau memiliki efek yang kuat. Bicaralah dengan dokter atau konsultasikan secara online dengan dokter berpengalaman di SehatQ.com sebelum mengonsumsi suplemen herbal.

    Perhatikan efek sampingnya. Jika timbul gejala, seperti mual, pusing, sakit kepala, atau sakit perut, kurangi dosis atau hentikan konsumsi suplemen herbal.

    Teliti perusahaan herbal yang Anda konsumsi. Semua suplemen herbal tidak diciptakan sama, dan yang terbaik adalah memilih merek pabrikan yang memiliki reputasi baik. Bertanya pada diri sendiri:

Daftar suplemen herbal Dami Sariwana berikut hanya untuk tujuan informasional. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mendiskusikan kondisi atau gejala medis Anda secara spesifik. Jangan mendiagnosis diri sendiri, dan bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen herbal apa pun. Sebagai rekomendasi pembelian jamu terpercaya yaitu toko.sehatq.com

Jamu adalah obat tradisional Indonesia yang telah dipraktekkan selama berabad-abad di masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit. Meski pengobatan modern (konvensional) menjadi semakin penting di Indonesia, jamu masih sangat populer di pedesaan maupun di perkotaan.

Berdasarkan pemanfaatannya secara tradisional jamu dikembangkan menjadi bentuk terapi yang rasional, baik oleh praktisi herbal maupun dalam bentuk fitofarmaka. Manfaat jamu sangat potensial, baik secara ekonomi maupun klinis.

Hasil survei tanaman yang paling sering digunakan dalam jamu yang juga telah diteliti mengenai konstituen dan efek farmakologisnya. Pemerintah Indonesia telah membagi tumbuhan obat menjadi tiga kategori, yaitu jamu, obat herbal terstandar dan fitofarmaka (fitomedis). Karena aktivitas biologis yang dianggap berasal dari jamu sebagian besar didasarkan pada data empiris, diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan khasiat secara ilmiah dan untuk menjamin keamanan. 

Dalam perkembangan jamu lebih lanjut, persoalan etika seperti hak kekayaan intelektual, pembagian keuntungan, keanekaragaman hayati dan konservasi perlu diperhatikan. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji status jamu saat ini dan memberikan pandangan yang komprehensif yang dapat digunakan dalam pengembangannya di masa mendatang untuk peningkatan lebih lanjut kegunaannya dalam menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan yang baik.